Breaking News

Alkitab adalah "Manual Book" dan Pedoman Hidup

Dalam dunia perkomputeran, apabila kita menggunakan sebuah software aplikasi baru, biasanya akan ditemukan sebuah file bernama "readme.txt", Sebuah file yang kadang kita abaikan tidak pernah dibuka sebelum menggunakan aplikasi tersebut. Readme sering diabaikan padahal sejatinya berisi petunjuk, cara dan langkah untuk melakukan pengaturan sesuai dengan instruksi pembuat aplikasi, agar aplikasi yang di pasang bisa berfungsi dengan benar dan semestinya sesuai dengan harapan.
Terkadang kita nekat untuk menjalankan aplikasi tersebut dengan mengabaikan readme. Tentu saja hasilnya adalah kacau, software yang kita pakai tidak berjalan dengan semestinya, banyak masalah-masalah yang timbul akibat salah langkah.

Apabila dianalogikan seperti diatas, kita (manusia) selayaknya adalah aplikasi baru dan Tuhan adalah programmer (creator). Tuhan menciptakan kita bahkan termasuk dunia dan seiisinya ini juga telah melengkapinya dengan "Readme" yang berisi petunjuk-petunjuk, arahan dalam bertindak agar hasilnya sesuai dengan yang diharapkan Tuhan, tidak melenceng kesana-kemari.

Tuhan telah memberikan kita "manual book" berupa alkitab yang isinya mengenai ajaran-ajaran Tuhan, bagaimana kita harus bertindak, bagaimana kita harus bersikap. Karena alkitab adalah panduan kita.
Namun, pada faktanya "Readme" dari Tuhan tersebut kita abaikan, kita tidak pernah baca readme dari Tuhan, dan akhirnya kehidupan jadi kacau dan tidak terarah.

Alkitab adalah Firman Tuhan, buku dari segala buku dan mujizat terbesar dalam sejarah
umat manusia.
Firman Tuhan berkata, ”FIRMAN Allah itu hidup dan mengerahkan kuasa dan lebih tajam daripada pedang bermata dua mana pun . . . dan dapat menilai pikiran dan niat hati.” (Ibrani 4:12)

Firtu ini memberikan penegasan bahwa Alkitab bukan hanya sekadar buku yang bagus. Namun buku yang berisi hikmat yang dinyatakan dalam Alkitab mempunyai kuasa untuk membentuk cara berpikir, membantu kita memecahkan suatu problema, meningkatkan mutu kehidupan, memberikan rasa damai serta sukacita, dan tentunya firman Tuhan memperlengkapi kita dengan keterampilan untuk menghadapi situasi-situasi yang tak terbayangkan sebelumnya.
Alkitab memungkinkan kita untuk menyelaraskan kehidupan dengan kehendak-Nya. Alkitab juga  berisi pengarahan dan nasihat yang kita butuhkan.


Jadikanlah Alkitab sebagai standar hidup, kompas yang memberikan petunjuk arah nasihat
untuk membuat keputusan keputusan yang baik, dan patokan untuk menilai segala sesuatu
maka hidup anda akan bahagia dan berhasil. Jangan lupakan README Manual Book yang sudah Tuhan sediakan bagi kita,Dengan mengikuti aturan Tuhan demikian, Alkitab tidak akan sekadar menjadi buku yang istimewa bagi kita, Namun Alkitab akan menjadi buku panduan kehidupan yang Nyata.

Sudahkah membaca alkitab hari ini?

(adhit)

No comments

Note: Only a member of this blog may post a comment.